RUMAHPRO.ID – Sertifikat Hak Guna Bangunan (HGB) adalah sertifikat yang memungkinkan pemegang sertifikat untuk membangun berbagai jenis properti di atas tanah yang bukan miliknya. Tanah dapat dimiliki oleh negara atau perorangan. Sertifikat HGB berlaku selama 30 tahun dan dapat diperpanjang selama 20 tahun lagi. Nah, bagi Anda yang saat ini ingin memperpanjang masa berlaku sertifikat HGB Anda, berikut cara memperpanjang sertifikat HGB Anda:

Persyaratan Pembaruan Sertifikat HGB

  • Mengisi formulir aplikasi di Help Desk Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN)
    Surat Kuasa (jika ada)
  • Fotokopi KTP dan KK applicant pemohon
  • Salinan “Sertifikat Pendirian dan Pengesahan Badan Hukum” yang diverifikasi oleh staf loket
    Sertifikat asli
  • Fotokopi SPPT PBB tahun berjalan dan bukti kuitansi yang diverifikasi oleh petugas loket dengan aslinya

Lihat Rumah Dijual : Rumah dijual Bekasi di Jatimakmur Pondok Gede

Cara Memperpanjang Sertifikat Hak Guna Bangunan (HGB)

  • Datang ke Kantor Badan Pertanahan Negara

Langkah pertama dalam memperbaharui sertifikat HGB adalah dengan mendatangi kantor Pertanahan Nasional di wilayah tempat sertifikat tersebut didaftarkan. Segera menuju meja pelayanan untuk mengisi formulir permohonan, dan jangan lupa untuk mengisi identitas, luas, lokasi dan penggunaan tanah yang dimohonkan, pernyataan tanah yang tidak dipersengketakan dan pernyataan tanah yang dikuasai

  • Loket pembayaran

Setelah mengisi formulir dan beberapa dokumen lainnya, Anda dapat langsung menuju loket pembayaran untuk membayar biaya pemeriksaan tanah dan pendaftaran hak.

  • Proses layanan sedang berlangsung

Setelah pembayaran, proses pelayanan dapat dilanjutkan, BPN terlebih dahulu melakukan pemeriksaan tanah, mengeluarkan surat keputusan untuk memperpanjang masa jabatan Kantah, kemudian menerbitkan surat keputusan untuk memperpanjang masa jabatan kantor wilayah, setelah menerbitkan surat keputusan tentang perpanjangan masa Republik. Indonesia, pendaftaran hak dan penerbitannya, bisa langsung di Sertipikatnya bisa diambil di loket pelayanan Kantor Pertanahan.

Biaya dan waktu perpanjangan Sertifikat Hak Guna Bangunan (HGB)

Biaya memperbarui sertifikat HGB sebenarnya bervariasi menurut lokasi, ukuran tanah, nilai tanah dan jenis tanah. Proses pembuatannya sendiri memakan waktu 30 hari, luas lahan tidak melebihi 2.000 meter persegi, luas lahan melebihi 2.000 meter persegi hingga 150.000 meter persegi, 49 hari, dan luas lahan melebihi 150.000 meter persegi, 89 hari

Baca Juga : Cara Pembuatan Surat Keterangan Ahli Waris

0 Komentar