Memiliki warna cat yang sesuai dengan selera pemilikinya merupakan suatu kesenangan dan kebanggaan tersendiri bagi kita ya sobat, dan juga menjadikan kita betah dirumah atau dikamar. Apalagi pengecatannya bisa kita lakukan sendiri maupun dengan bantuan teman atau rekan sejawat kita. Berikut Cara Mengecat Tembok Dengan Roll Paling Mudah

Dalam hal melakukan pengecatan rumah tidak tergolong sulit sobat, tapi tidak gampang pula karena dibutuhkan ketelitian dan kosentrasi serta tenaga yang lumayan terkuras untuk melakukan pekerjaan yang satu ini. Tetapi jika bisa anda kerjakan sendiri kenapa musti ke orang lain? Jika hasil karya atau pekerjaan sendiri hasilnya tentu akan lebih memuaskan ya sobat. Baca juga mengenai warna cat rumah ruang keluarga.

Cara Mengecat Tembok Dengan Roll

Ketika ingin melakukan pengecatan, khususnya cat tembok seperti rumah atau kamar anda, ada beberapa metode yang dilakukan. Salah satu metode tersebut adalah dengan melakukan pengecatan menggunkaan roll. Dengan menggunkaan roll, kemungkinan pekerjaan pengecatan anda akan lebih cepat jika dibandingkan dengan pengecatan menggunakan kuas.

Bagi sobat semua yang ingin mencoba melakukan pengecatan dengan menggunakan roll, berikut ini penulis akan memberikan tips kepada sobat semua tentang cara mengecat tembok dengan roll. Yuk sobat langsung saja kita bahas ulasan berikut ini :

Persiapan Alat dan Bahan
Cara mengecat tembok dengan roll pertama yakni persiapan. Sediakan roll yang akan anda gunakan untuk pengecatan. Pastikan sudah menyediakan cat sesuai dengan warna yang sobat inginkan. Pastikan cat yang akan anda gunakan sudah diaduk terlebih dahulu dengan air, dan pastikan tidak terlalu kental atau tidak terlalu encer.

Sebaiknya dalam proses mengaduk cat tersebut bacalah petunjuk penggunaanya ya sobat, agar cat anda tidak terbuang sia-sia nantinya jika salah takaran dalam mengaduknya. Pada umumnya pengecatan menggunakan roller adalah pengecatan untuk tembok yang area nya luas atau lebar. Jadi sesuaikan dengan kebutuhan anda ya sobat. Baca juga mengenai cara mengecat ulang tembok yang lembab

Proses Pengujian
Cara mengecat tembok dengan roll selanjutnya yakni pengujian. Sebelum anda benar-benar melakukan pengecetan di tembok anda, sebaiknya anda lakukan dulu pengecatan tersebut dalam sebuah area, hal ini fungsinya untuk memastikan kadar cat yang anda gunakan sudah pas kekentalannya sebelum anda gunakan. Jika sudah dirasa pas, silahkan lanjutnya di area yang memang akan anda cat. Baca juga mengenai cara menghilangkan cat minyak di tembok

Proses Pengecatan
Cara mengecat tembok dengan roll berikutnya ialah tahap pengecatan. Celupkan roller yang anda sedikan tadi ke wadah tempat cat anda yang aduk sebelumnya.Tempatkan roller yang akan anda gunakan ditengah – tengah wadah yang sudah berisi cat, kemudian angkat roller tersebut dan gulung menuruni sampai ke lereng ember.

Kemudian berhentilah untuk beberapa waktu. Lakukan hal ini dua atau tiga kali sesuai dengan kebutuhan anda untuk memastikan cat sudah terserap oleh kuas roller yang sedang anda gunakan tersebut.

Selanjutnya angkat roller secara perlahan dari wadah yang tadi anda celupkan. Untuk menghindari tetesan – tetesan cat segeralah melakukan penyapuan ke dinding dengan mendorong roller menjauh dari tubuh anda.

Sekedar informasi aja nih sobat, cat yang menetes pada dinding atau lantai anda sebaiknya jangan dibiarkan lama bahkan sampai mengering ya sobat, apabila sudah sampai mengering maka anda akan kesusahan untuk membersihkannya nantinya. Jadi sebelum terjadi lebih baik diantisipasi aja ya sobat.

Pengecatan dengan roller, dilakukan dengan tanpa mengangkat roller yang anda gunakan dari dinding, tetapi lakukanlah dengan membentuk sebuah pola, seolah – olah anda menulis sebuah huruf ‘M” atau sebuah huruf “W” yang terbalik ditembok yang sedang anda cat.

Setelah itu, lakukan hal yang sama, yaitu tanpa mengangkat roller anda dari dinding. Langkah selanjutnya yang anda lakukan adalah mengisi kekosongan dari huruf yang tadi sudah anda buat dengan cara melakukannya secara zig zag.

Kemudian, setelah satu daerah sudah selesai dan anda rasa sudah sempurna hasil pengecatan yang anda lakukan, pindahlah ke daerah yang lain yang akan anda cat juga. Angkatlah roller yang sedang anda gunakan secara perlahan dan pindahlah ke area yang akan anda cat. Baca juga mengenai cara menghilangkan cat pada besi.

Proses Pengeringan
Setelah pengecatan lapisan pertama pada tempok anda sudah selesai, tunggulah cat tersebut sampai mengering. Cat tersebut akan mengering dalam waktu 30 sampai dengan 40 menit. Waktu ini merupakan waktu normal yang sering dilakukan oleh banyak orang. Baca juga mengenai tips memilih cat yang bagus untuk kamar tidur.

Proses Pengecekan dan Pengecetan Ulang
Setelah lapisan cat sudah kering, lakukan pengecekan terhadap hasil pengecetan anda, jika anda rasa masih kurang sempurna atau masih ada yang kurang rata, ambilah kembali roller yang anda gunakan tadi.

Celupkan kembali pada wadah yang tadi berisi cat tersebut, dan kembali sapukan ke dinding yang anda temui belum rata tersebut. Lakukan hal ini sampai semua dinding yang sedang anda cat merata dengan sempurna. Jika pas pengecekan ternyata sudah rata dan sempurna, berarti anda cukup professional dalam melakukan pengecetan tersebut sobat.

Langkah berikutnya adalah, setelah cat lapisan pertama sudah sempurna, maka lakukan lagi langkah yang sama seperti diatas untuk melakukan pengecetan tahap kedua. Pengecetan tahap kedua ini apabila anda mengecat tembok lebih dari satu kali.

Artinya ada cat yang anda gunakan kembali setelah pengecatan dasar tersebut. Biasanya pengecetan yang lebih dari satu kali ini, dilakukan ketika melakukan pengecatan pada tembok yang baru pertama kali di cat. Karena biasanya tembok yang baru membutuhkan lebih dari satu kali lapisan pengecatan agar hasilnya terlihat sempurna.

Lakukan terus sampai seluruh tembok anda sudah di cat rata dan dengan kondisi yang sempurna. Jadi deh tembok yang baru, yang dapat menyegarkan pikiran dan menyejukkan hati sobat semua. Apalagi jika warna cat temboknya sesuai dengan selera anda ya sobat, pastinya kaan lebih tertarik lagi. Gimana sobat mau mencobanya?

Oh ya sobat salah satu kelebihan dari pengecatan menggunakan roller ini adalah selain lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan kuas, hasilnya juga relatif lebih bagus menggunakan roller ya sobat. Jadi sebaiknya jika melakukan pengecatan ada baiknya anda menggunakan cara ini ya sobat.

Oke sobat semua, sampai disini dulu pembahasan mengenai cara mengecat tembok dengan roll ya sobat. Semoga informasi yang penulis paparkan dalam artikel ini dapat menjadi referensi dan bermanfaat bagi sobat semua. Terima kasih sobat semua yang sudah meluangkan waktunya untuk berkunjung ke artikel ini. Salam hangat dari penulis dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

Tutorial Pengecatan Dinding Menggunakan Roller Dengan Benar

0 Komentar